Z Club Official WEB SITE :
ZCLUB-ONLINE.ORG

Monday, August 29, 2005

Rossi Menang, Gibernau Super Sial

Valentino Rossi semakin dekat merengkuh juara setelah meraih kemenangan ke-9 tahun ini di Brno, Minggu (28/8/2005). Sementara nasib sangat sial dialami oleh Sete Gibernau. Rider yang membesut Honda tersebut gagal menuai angka setelah motor tunggangannya harus berhenti di lap terakhir.

Kegagalan ini sangat menyakitkan tidak hanya Gibernau harus menanggung malu karena lagi-lagi dipecundangi Rossi, sepanjang lomba Gibernau sebetulnya mampu memberikan perlawanan buat pembalap Yamaha tersebut.

Sebaliknya buat Rossi kemenangan ini sangat istimewa karena menjadi kemenangan ke-9 yang diperolehnya tahun ini. Rider asal Italia itu pun semakin menjauhkan jarak dengan para pesaingnya dengan keunggulan 132 angka dari peringkat kedua yang kini diduduki oleh Max Biaggi.

Biaggi sendiri meloncat dari posisi kelima ke posisi kedua klasemen dengan nilai 129 setelah secara luar biasa finis ketiga di Brno. Italia juga patut berbangga setelah menempatkan Loris Capirossi ke posisi kedua.

Jalannya lomba

Di luar kebiasaan, Rossi memulai lomba dengan sangat baik. Meski start dari posisi keempat, rider Italia tersebut mampu merengsek ke posisi terdepan saat para pembalap belum menyelesaikan satu putaran. Di akhir lap pertama Rossi memimpin di depan peraih pole Gibernau dan Marco Melandri.

Tetapi keunggulan Rossi tidak bertahan lama. Gibernau mampu mengambil alih kepemimpinan di lap ketiga. Meski Rossi sempat mengambil posisi pertama kembali di turn pertama, Gibernaulah yang menutup lap ketiga di posisi pertama. Sejak lap ke-3 Gibernau memimpin di depan. Tetapi Rossi terus menguntit dengan selisih kurang dari 0,2 detik.

Selagi Gibernau dan Rossi adem ayem, sempat terjadi persaingan sengit memperebutkan peringkat ketiga antara Melandri, Nicky Hayden dan Alex Barros. Pada lap awal Hayden berhasil mengungguli Barros dan Melandri. Entah apa yang terjadi dengan Melandri, dia bahkan melorot ke posisi lima setelah dilewati Capirossi.

Memasuki lap ke-10 Hayden mulai nyaman di posisi ketiga sehingga formasi menjadi Gibernau, Rossi dan Hayden. Menjelang akhir lap 11, formasi tersebut berubah. Rossi, yang menguntit sejak lap ketiga, akhirnya berhasil menelikung Gibernau di dua tikungan terakhir.

Pada saat yang hampir bersamaan dengan aksi Rossi, Barros juga berhasil mengambil alih posisi ketiga dari Hayden. Mulai lap ke-12 posisi pertama sampai ketiga berturut-turut ditempati oleh Rossi, Gibernau dan Barros. Meskipun demikian formasi ini kembali tak bertahan.

Lima lap menjelang akhir Gibernau beraksi lagi. Di luar kebiasaan, dia berhasil menyalip Rossi di tikungan. Rossi, yang biasanya sangat tangguh, kali ini harus mengalah. Satu lap kemudian aksi Gibernau diikuti oleh Capirossi yang mengambil alih posisi ketiga dari tangan Barros.

Tapi bukan Rossi namanya jika tak menggigit lagi. Tepat memasuki lap terakhir dia beraksi dan menyalip Gibernau. Setelah dilewati Rossi, nasib rider asal Spanyol tersebut bahkan menjadi sangat sial.

Selagi bertarung seru di lap terakhir, tiba-tiba Gibernau melambat. Tampaknya motor tunggangannya kehabisan bensin. Dia pun terpaksa menghentikan aksinya beberapa meter menjelang finis. Terbayangkan begitu kecewanya Gibernau. Para mekanik Honda dan pacar Gibernau yang ada di garasi pun tertegun melihat kegagalan pembalap kesayangan mereka.

Sementara Rossi tanpa kesulitan memasuki garis finis. Inilah kemenangan ke-9 The Doctor tahun ini. Dia hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk memecahkan rekornya sendiri, 11 kemenangan dalam satu tahun.

Hasil MotoGP Ceko:

1 V. Rossi Yamaha 43:56.539
2 L. Capirossi Ducati 1.7
3 M. Biaggi Honda 2.4
4 A. Barros Honda 4.1
5 N. Hayden Honda 4.3
6 M. Melandri Honda 11.1
7 C. Edwards Yamaha 13.5
8 C. Checa Ducati 19.3
9 T. Bayliss Honda 27.1
10 M. Tamada Honda 27.2
11 K. Roberts Suzuki 27.5
12 S. Nakano Kawasaki 27.9
13 J. Hopkins Suzuki 29.2
14 A. Elias Yamaha 29.5
15 A. Hofmann Kawasaki 29.7
16 S. Gibernau Honda out

Klasemen:

1 Valentino Rossi (ITA) Gauloises Yamaha Team 261
2 Max Biaggi (ITA) Repsol Honda 129
3 Marco Melandri (ITA) Telefonica Movistar Honda 126
4 Colin Edwards (USA) Gauloises Yamaha Team 123
5 Sete Gibernau (ESP) Telefonica Movistar Honda 115
6 Alex Barros (BRA) Camel Honda Team 114
7 Nicky Hayden (USA) Repsol Honda 112
8 Loris Capirossi (ITA) Marlboro Ducati 92
9 Shinya Nakano (JPN) Kawasaki Racing 69
10 Carlos Checa (ESP) Marlboro Ducati 59

Sumber : DetikSport.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home